Monday, October 31, 2011

10 Nutrisi Ampuh Untuk Usir Stress


Stres adalah gangguan mental yang dapat diakibatkan oleh banyak hal. Stres berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat menguras energi yang mengakibatkan tubuh memerlukan lebih banyak vitamin dan mineral.
KapanLagi.com -

Oleh: Team DuniaFitnes

Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menjalankan diet sehat. Diet sehat ini harus mengandung 10 nutrisi bermanfaat berikut ini:

Vitamin B Kompleks

Kekurangan asupan Vitamin B kompleks akan memperburuk mood Anda saat mengalami rasa cemas dan depresi. Vitamin ini menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik, menjaga sistem pencernaan, dan produksi energi.

Sumber Vitamin B: biji-bijian, beras merah, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, makanan laut, daging, telur, dan buah kering.

Vitamin C

Konsumsi Vitamin C secara teratur dapat membantu menurunkan tingkat hormon pemicu stres dalam darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat stres.

Sumber Vitamin C: semua jenis buah jeruk dan buah berry, stroberi, melon, kiwi, brokoli, kubis, kol kentang, cabai, dan tomat.

Magnesium

Stres dapat menguras kadar magnesium dalam tubuh dalam jumlah besar. Kekurangan magnesium menyebabkan otot tegang dan kram. Magnesium sangat diperlukan agar otot dapat relaksasi dan juga mengatasi stres akibat cedera.

Sumber Magnesium: sereal gandum, kacang-kacangan, biji wijen, buah ara kering, dan sayuran hijau.

Kalsium

Kalsium diperlukan tubuh agar sistem saraf dan otot dapat bekerja dengan baik. Tubuh memerlukan kalsium dalam jumlah besar untuk mengatasi stres.

Sumber Kalsium: susu skim, yogurt rendah lemak, keju, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan ikan.

Zinc/Seng

Orang yang sedang stres biasanya memiliki tingkat zinc/seng yang rendah dalam tubuhnya. Zinc sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi infeksi.

Sumber Zinc: kerang, daging merah, kacang-kacangan, biji bunga matahari, kuning telur, susu, dan gandum.

Tembaga

Tembaga sangat bermanfaat untuk melindungi sistem kekebalan tubuh pada saat Anda terkena stres.

Sumber Tembaga: Daging, tiram, kacang-kacangan, polong-polongan, dan gandum.

Potasium

Potasium membantu agar sistem saraf tetap berfungsi dengan baik selama stres.

Sumber Potasium: susu rendah lemak, pisang, buah plum kering, dan kismis.

Kromium

Kromium berguna untuk mengontrol tingkat kolesterol dalam darah dan membantu melindungi jantung serta melancarkan sirkulasi darah.

Sumber kromium: jamur dan kacang-kacangan, seperti kenari, kacang tanah, kacang mede, almon, dan sebagainya.

Besi

Zat besi sangat penting untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah. Zat besi akan membawa oksigen ke seluruh tubuh, untuk mengatasi rasa lelah dan membantu pernafasan tetap stabil.

Sumber Zat besi: kedelai, buncis, kerang-kerangan, buah peach, sayuran berwarna hijau tua, daging-dagingan, dan lain-lain.

Selenium

Selenium berfungsi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dan membantunya memproduksi dan mengatur berbagai jenis hormon seperti hormon tiroid.

Sumber Selenium: kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang polong, ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, ikan, udang, kepiting, dan sarden.

10 nutrisi di atas merupakan nutrisi yang ampuh untuk mengatasi stres, jadi pastikan Anda mengonsumsi vitamin dan mineral ini dalam jumlah yang tepat. Jangan lupa untuk berolahraga dan memulai gaya hidup sehat untuk mengatasi stres yang berkepanjangan.


sumber

No comments:

Post a Comment