Wednesday, September 28, 2011

Pelari Maraton Tertua di Dunia


Mungkin Fauja Singh dapat disebut sebagai pelari maraton paling tua di dunia. Menginjak umur hampir 1 abad namun semangat kakek Fauja tidak pernah surut untuk mengikuti lomba lari maraton, bahkan dia juga tercatat sebagai orang pertama yang mendaftarkan diri menjadi peserta lomba maraton Edinburgh 2012.

Lelaki kelahiran 1 April 1911 ini mengaku menyukai olahraga lari sejak menjadi petani di Punjab, India. Namun dia baru menekuni olahraga ini setelah pindah ke Inggris.

Hingga kini dia berlatih dengan berlari sejauh 16 km setiap hari. Saat ditanya resep kebugaran dan kekuatan fisiknya, Fauja tak segan berbagi rahasia. “Saya makan kari jahe dan minum teh sebanyak-banyaknya setiap hari,” ujarnya.




“Saya bukan orang terpelajar. Bagi saya, rahasia hidup bahagia adalah suka beramal, hidup sehat dan berpikir positif,” katanya. “Jika ada orang bilang saya harus berhenti berlari, saya akan abaikan mereka. Rahasia panjang umur dan hidup sehat adalah bebas stres,” imbuhnya.

“Buat apa mengkhawatirkan hal yang tidak bisa kita ubah? Bersyukurlah atas apapun yang kita miliki, jauhi orang yang negatif, dan selalulah tersenyum dan terus berlari.”

Dia mulai aktif mengikuti lomba lari maraton sejak berusia 89 tahun. Kini dia sudah berkompetisi dalam tujuh lomba lari maraton internasional. Lima kali di London, sekali di Toronto, Kanada, dan sekali di New York, Amerika Serikat.

Saat ini Fauja Singh adalah pemegang rekor dunia untuk pelari maraton untuk usia 90 tahun ke atas. Catatan waktunya lima jam 40 menit yang dicapainya saat mengikuti maraton Toronto.



No comments:

Post a Comment

Post a Comment