Sunday, September 25, 2011

Daftar 10 Orang Terkaya Sepanjang Masa

Majalah Forbes adalah majalah bisnis yang secara resmi mengeluarkan daftar orang terkaya di dunia tiap tahunnya. Dari daftar orang terkaya tersebut, hanya sedikit yang berubah, apalagi untuk urutan 5 teratas. Sepertinya mereka sangat sulit “dikalahkan” kali ini hingga ratusan tahun yang akan datang. Wait! Ratusan tahun? Iya, benar karena ternyata 10 orang terkaya di dunia sepanjang masa dari beberapa puluh hingga ratus tahun yang lalu masih tetap sama dan belum tergeser hingga saat ini, bahkan oleh Bill Gates dan Warren Buffet yang merupakan langganan posisi teratas di majalah Forbes.

10. Carlos Slim Helu (1940 – Sekarang)
Kekayaan: $60 Milyar
Beliau adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang telekomunikasi dan beberapa jenis usaha lainnya. Menurut beberapa catatan, Carlos memperoleh keuntungan berlipat hingga puncaknya pada tahun 2005 – 2007 dia memperoleh penghasilan sebesar $27 Juta per Hari, Woww.. Angka yang sangat fantastis. Namun ada beberapa pihak juga yang mengatakan bahwa Carlos menjalankan politik bisnis yang tidak sehat dengan jalan melakukan monopoli terhadap pasar telekomunikasi di Meksiko melalui pemerintahan yang dikenal dekat dengan dirinya.
9. Warren Buffet (1930 – Sekarang)
Kekayaan: $62 Milyar
Seorang pengusaha yang berkharisma, dan sering dijuluki sebagai Bapak Investor Dunia. Warren Buffet seorang pengusaha pendiri perusahaan pengelola keuangan Berkshire Hathaway yang memiliki asset hingga di atas $300 Milyar. Semua ini akibat kerja keras serta insting tajamnya sebagai seorang investor. Beberapa waktu lalu dirinya menyumbang hampir separuh kekayaannya kepada Yayasan Bill Melinda Gates dan dirinya merupakan salah satu dari “sangat sedikit” orang yang mau menyumbang hingga puluhan milyar dollar. Baru-baru ini beliau kembali muncul dengan gagasan peningkatan pajak bagi kaum konglomerat USA yang akan berdampak positif yaitu terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas. Luar Biasa.
8. Sam Walton (1918 – 1992)
Kekayaan: $62.1 Milyar
Walmart adalah salah satu jaringan ritel raksasa dunia yang sangat terkenal. Memiliki cabang yang sangat banyak, namun siapa sangka ini semua bermula dari sebuah toko kecil di Arkansas.
Sam Walton adalah pencetus sekaligus pendiri Walmart yang menawarkan sebuah konsep berbelanja yang sedikit berbeda di masanya itu. Beliau meninggal pada tahun 1992 dan mewarisi kerajaan bisnisnya kepada keturunannya yang kini dipegang oleh Cristie Walton, salah satu keturunan Sam Walton.
7. Marshall Field (1834 – 1906)
Kekayaan: $63.7 Milyar
Marshall Field adalah seorang pengusaha pendiri perusahaan Marshall Field Company yang lahir pada abad ke 19.
Marshall lahir di sebuah pertanian di Conway, Massachusetts dan pertama kali bekerja di sebuah toko kecil. Pada umur 18 tahun dia pergi dari kota asalnya untuk mencari kesempatan baru dan dari sinilah semua bermula.
Pada umur 21 dia memutuskan untuk tinggal bersama saudaranya di Chicago dan mengambil beberapa kesempatan yang sangat tepat hingga menjadikannya seorang milyuner seperti yang dikenal sekarang ini.
6. Frederick Weyerhaeuser (1834 – 1914)
Kekayaan: $76.5 Milyar
Seorang pengusaha yang bergerak di bidang pertanian khususnya kayu.

Frederick Weyerhaeuser adalah pria yang namanya identik dengan kayu karena kayulah yang menjadikannya kaya raya.
Setelah perang sipil, Sumber Daya kayu yang dimilikinya sudah cukup untuk memenuhi permintaan yang sangat besar. Frederick Weyerhaeuser juga terkenal karena menciptakan banyak peluang pertanian di banyak daerah.
 
5. John Jacob Astor (1763 – 1848)
Kekayaan: $116.6 Milyar
John Jacob Astor adalah seorang tokoh terkemuka di bidang bisnis yang merupakan keturunan Germany-America dan merupakan Multi-Milioner pertama di Amerika Serikat.
John pergi ke Amerika bersamaan dengan pecahnya Perang Revolusi Amerika dan mendirikan usaha dagang yang berhubungan dengan bulu.
Selain usahanya tersebut, tercatat John Jacob Astor juga pernah menjajal bisnis Opium yang dikatakan sangat menguntungkan dan merupakan salah satu mesin uangnya. Mendekati masa pensiunnya, John Jacob Astor beralih ke bisnis Real Estate dan Property.
4. Bill Gates (1955 – Sekarang)
Kekayaan: $124 Milyar
Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui daftar orang-orang terkaya di dunia nomor 5 – 10, namun sangat banyak yang tau dengan sosok orang terkaya di dunia yang satu ini, dia adalah Bill Gates. Si Raja Software pendiri perusahaan Microsoft yang disebut-sebut adalah seorang hacker jenius yang dapat menggabungkan keahlian di bidang pemrograman serta keahlian di bidang bisnis. Banyak yang mengatakan bahwa Bill Gates memperoleh harta kekayaan melalui jalur yang tidak legal, namun terlepas dari itu semua, dia adalah sosok yang sangat dikagumi selain Warren Buffet. Bill Gates adalah pendiri Yayasan Bill and Melinda Foundation dan berjanji akan menyumbangkan 90% harta kekayaan untuk kegiatan amal.
3. Cornelius Vanderbilt (1794 – 1877)
Kekayaan: $178.4 Milyar
Cornelius Vanderbilt adalah si raja Kapal Uap dan raja Kereta Api, ya dia adalah seorang pengusaha sukses di bidang tersebut.
Namun menurut beberapa sumber, dia melakukan beberapa trik kotor dan kejam untuk menjatuhkan para pesaingnya, yaitu dengan cara membanting harga yang dianggapnya sah.
Dalam bisnis, kita tidak harus bermain bagus untuk menjadi kaya, namun bagaimana cara bermain agar selalu menang, itulah salah satu prinsip yang dipegang dalam dunia usaha yang dijalaninya.
2. Andrew Carnegie (1835 – 1919)
Kekayaan: $297.8 Milyar
Andrew adalah seorang pengusaha besar dan juga seorang dermawan yang berdarah Skotlandia-Amerika.
Pada masa kecilnya, dia sempat bekerja di sebuah pabrik bobin kemudian menjadi logger tagihan pemilik perusahaan. Berawal dari menjadi pesuruh dan buruh pabrik, dia memulai untuk membangun usahanya sendiri yang dinamai Pittsburgh Carnegie Steel Company dan bergabung dengan Elbert Gary H. ‘s Steel Federal dan beberapa perusahaan kecil untuk membuat US Steel.
Kekayaan yang terkumpul dari bisnis tersebut sebagian besar digunakan untuk kegiatan philanthropy, terutama di bidang pendidikan dengan mendirikan perpustakaan, sekolah dan universitas di Amerika.
1. John D. Rockefeller (1839 – 1937)
Kekayaan: $323.4 Milyar
Dan inilah Manusia Terkaya Sepanjang Masa yang hingga saat ini belum ada yang menandingi. Dia adalah tokoh perminyakan Amerika dan Dunia dan merupakan tokoh Philanthropy terbesar dalam sejarah. Salah satu bukti nyata adalah berdirinya PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) atau United Nations. Lalu apa hubungannya dengan John? Gedung PBB, dana pembangunan, dana kegiatan dan yang lainnya merupakan sumbangan dari Yayasan yang dimiliki oleh John D. Rockefeller. Sudah dapat dibayangkan berapa besar sumbangannya terhadap dunia? Dalam catatan lain dikatakan bahwa dia berjanji akan menyumbangkan seluruh harta kekayaannya dan akan meninggalkan $25 juta untuk keperluan hidupnya.


No comments:

Post a Comment