Friday, September 23, 2011

10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling Menakjubkan


Mauna Kea atau Gunung Putih di Hawaii adalah gunung bawah laut tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 16.400 meter dari dasar laut hingga puncak. Rangkaian gunung berapi terpanjang di dunia, dengan panjang mencapai 2.400 km, juga ada di kepulauan itu. Saat ini diketahui ada sekitar 5.000 gubung berapi aktif di bawah laut di seluruh dunia, dan keberadaannya sungguh sangat mengangumkan. Namun di antara gunung-gunung itu, inilah 10 gunung api yang paling menakjubkan yang datanya dikutip dari Koran Tempo.
1. Molokini Crater, Hawaii
wpid molokini snorkel boats 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling MenakjubkanKetinggian gunung ini membuat puncaknya menyembul separuh di permukaan laut dan membentuk bulan sabit. Kawasan di sekitar gunung ini sangat disukai para penyelam dan kaya akan habitat burung laut.
2. Morro Rock, California
wpid 11260384832morro rock and beach 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling MenakjubkanGunung ini merupakan salah satu rangkaian gunung api yang dikenal dengan nama “Nine Sisters”, dan terbentuk sekitar 20 juta tahun lalu.
3. Surtsey, Islandia
wpid 168 surtsey 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling MenakjubkanKadangkala letusan gunung berapi bawah laut membentuk pulau baru di atasnya. Itulah yang terjadi pada Surtsey. Pada 1963, gunung ini meletus dan pulau baru terbentuk di atasnya.
4. Eldfell Volcano, Islandia
wpid eldfell 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling Menakjubkan
Islandia merupakan negara yang kaya akan gunung berapi bawah laut, dan mayoritas gunung-gunung di negara ini tergolong aktif. Letusan paling besar terjadi pada 1973, ketika lava gunung ini menutupi Pelabuhan Helmaey.
5. Iwo Jima, Jepang
wpid iwo color south tip 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling MenakjubkanGunung berapi ini terletak di dekat Pulai Iwo Jima, di laut Pasific. Gunung ini pernah meletus pada 2005.
6.Brother Volcano, Selandia Baru
wpid brothers3d3xve600 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling MenakjubkanDiagram tiga dimensi darui gunung ini merupakan bagian dari gunung berapi aktif Karmadec Arc. Letaknya 1.850 meter di bawah permukaan laut. Terdapat kawah besar dengan kedalaman 300-500 meter.
7. Healy Volcano, Kermadec Ridge
wpid healy 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling MenakjubkanIni merupakan gunung berapi besar lainnya di Kermadec Ridge, yang terletak sekitar 400 km dari Selandia Baru.
8. NW-Rota 1, Jepang
Pada 29 April 2006, gunung ini meletus dan lava berwarna merah menyembur dari kawah NW-Rota Pit di kedalaman 560 meter di bawah laut. Foto ini diambil dari kapal selam Jason II.
9. Kick ‘Em Jenny, Grenada
wpid kick 10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling Menakjubkangunung ini berlokasi dekitar 8 km dari Grenada dan termasuk gunung berapi aktif di Laut Karibia. Gunung ini meletus pertama kali pada 1939 dan terakhir pada 2001.
10. Bransfield Strait, Antartika
wpid bransfield strait along  10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling MenakjubkanMeski selalu diselimuti salju, Antartika menyimpan rangkaian gunung berapi di dasar lautnya dan kebanyakan masih aktif. Salah satunya adalah Bransfield Strait yang puncaknya menyembul di permukaan laut.

No comments:

Post a Comment