Monday, September 26, 2011

Jempol Tangan Pria Ini Diganti Jempol Kaki

Thumbs up - with his toe: James Byrne shows off his novel new digit
Seorang pria secara tak sengaja memotong jempol tangannya. Kini ia mendapat jempol tangan baru yang sebenarnya adalah jempol kakinya sendiri. Seperti apa?
James Byrne (29) mengalami kesakitan luar biasa setelah ia melukai jempol tangan kirinya Desember lalu saat menggergaji sepotong kayu.
Setelah upaya menyatukan kembali jempolnya gagal, dokter bedah plastik Umraz Khan di Frenchay Hospital, Bristol, Inggris, mentransplantasi jempol besar kaki kirinya ke tangannya.
Sebelumnya Byrne mengaku tak bisa efektif bekerja karena jempol tangannya hilang karenanya ia memutuskan melakukan operasi ini. Saat operasi, Khan memimpin dua tim bedah dan anestesi yang bekerja pada jempol kaki dan tangan Byrne di waktu bersamaan.
Surgeons at Frenchay Hospital in Bristol transplanted James' big toe on to his left hand

Operasi pada 8 September lalu itu memakan waktu delapan jam. “Suatu hal yang jarang dilakukan dan operasi ini merupakan prosedur operasi mikro yang sangat rumit karena terkait penyatuan kembali tulang, syaraf, pembuluh darah, otot, ligament dan kulit kaki ke tangan,” paparnya.
Menurut Khan, Byrne akan belajar menyeimbangkan kembali dirinya dan nantinya ia akan bisa berjalan dan berlari seperti biasa.
“Kehilangan jempol kaki tak semelumpuhkan kehilangan jempol tangan,” tutupnya seperti dikutip dari Dailymail

No comments:

Post a Comment