Wednesday, August 3, 2011

Seniman Italia Ubah Tank Jadi Treadmill


www.AstroDigi.com

Today.co.id | Kamis, 02 Juni 2011 | Ada sesuatu yang unik dan menarik perhatian pengunjung di gedung kesenian Biennale Venice, Venesia, Italia, selain menjadi pertemuan internasional seniman dari berbagai penjuru dunia ditempat ini pula terdapt karya-karya yang mampu mencuri perhatian.

Dari 89 karya yang dipamerkan di La Biennale untuk berlomba mencuri perhatian, salah satunya adalah treadmill unik yang merupakan gabungan dari treadmill dengan tank yang terbalik. Roda tank digunakan sebagai alas para atlet dari The National Athletics Body US Track and Field untuk menguji kemampuanya. Karya ini dikerjakan oleh Jennifer Allora dan Guillermo Calzadilla.

www.AstroDigi.com


Allora, 30, lahir di Pennsylvania sedangkan Calzadilla, 30, lahir di Havana keduanya besar di Puerto Rico bekerjasama mengerjakan karya unik ini. Tank yang dipakai sebelumnya diduga merupakan tank Amerika ternyata merupakan tank Inggris.

www.AstroDigi.com


Menurut Allora, tank yang dipakai jenis Centurion, tangki Inggris ini dibeli dari tangan seorang kolektor di Bury, Inggris

www.AstroDigi.com


"Karena Tank AS tidak dapat diakses oleh publik," Ujar Allora kepada Guardian, yang dikutip Rabu (1/6/2011).

www.AstroDigi.com


Allora yang berkerja sama dengan The National Athletics Body US Track and Field ini mengaku terkejut sekaligus senang pasalnya para atlet dan pesenam antuasias dengan proyek tank unik ini.

"Para pesenam sudah dalam pelatihan selama enam bulan dan telah berbicara tentang hal itu seolah-olah itu adalah event baru bagi mereka" papar Allora

Sementara itu Calzadilla mengatakan mereka tidak bermaksud mengkritisi pemerintahan Amerika Serikat, tetapi mereka ingin membuat sesuatu yang aneh.

"Kami tidak kritis terhadap Amerika, Kami mencoba untuk membuat mereka yang aneh dan membuat orang melihat mereka dengan cara baru. " ujar Calzadilla

Bagi Anda yang berminat mengunjungi karya Allora dan Calzadilla, mungkin bisa mengunjungi karya mereka di American pavilion, Giardini di Castello, mulai Sabtu (4/2/2011) hingga 27 November 2011.


sumber





No comments:

Post a Comment