Tuesday, August 23, 2011

Ingin Mudik Nyaman dan Aman? Periksa 12 Komponen Ini

Bagi Anda yang merencanakan mudik Lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi, masih ada waktu sepekan untuk mempersiapkan kendaraan.

Meski mobil masih tergolong baru, Anda sebaiknya mengecek beberapa suku cadang di mobil. Terlebih bagi mobil yang sudah berusia lima tahun ke atas. Pasalnya perjalanan mudik yang menempuh jarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer mengharuskan kondisi mobil dalam keadaan prima.



"Meski hanya satu suku cadang yang kecil dan terlihat sepele, bila kondisi tidak bagus akan menimbulkan masalah. Mogok, misalnya," ujar Syaiful Anwar, Kepala Mekanik OtoKlinika, Pinang, Tangerang, Ahad, 14 Agustus 2011.



Tentu Anda tidak ingin mengalaminya, kan? Karena itu, lakukan pemeriksaan atau bahkan penggantian suku cadang itu bila perlu. "Setidaknya ada 10 suku cadang yang wajib diperiksa," kata Syaiful.



Apa saja suku cadang itu? Berikut penjelasan Syaiful.



1. Oli



Cairan pelumas ini tak ubahnya darah di dalam tubuh manusia. Dia memiliki peran yang sangat penting bagi setiap denyut komponen mesin. Oli selain berguna untuk melumasi komponen mesin juga berfungsi menjaga kestabilan suhu mesin.



"Bisa dibayangkan apa jadinya bila oli yang telah aus tidak segera diganti," ujar Syaiful.



Namun, meski masa pakainya belum habis, untuk mengantisipasi segala kemungkinan sepanjang perjalanan mudik oli sebaiknya diganti. Gunakan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Bila ingin berganti merek lain pastikan jenis dan spesifikasi SAE dan API Service oli baru itu tak berbeda dengan sebelumnya.



2. Filter oli



Melengkapi penggantian oli sebaiknya filter atau saringan oli juga diganti. Pasalnya, peranti ini berfungsi untuk menyaring segala partikel yang mungkin terbawa di saat proses penggantian. Meski masa pemakaian belum habis, sebaiknya diganti demi keamanan dan kenyamanan.



3. Filter udara



Meski terlihat sepele, peranti ini memiliki fungsi yang sangat penting. Ia bertugas menyaring udara yang akan masuk ke ruang bakar pada mesin agar segala partikel kotoran tidak ikut masuk.



Pasalnya kesempurnaan proses pembakaran juga mensyaratkan udara yang bersih. Campuran udara dan kabut bahan bakar di ruang bakar sangat menentukan besaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin.



4. Filter bahan bakar



Agar bahan bakar juga bersih dari segala kotoran, sebaiknya juga ganti filter ini. Selain mencegah mobil mogok, bahan bakar yang bersih juga akan menentukan kualitas pembakaran.



5. Atur ulang klep



Menyempurnakan penggantian semua jenis filter tersebut sebaiknya lakukan pengaturan atau setel ulang semua klep di mesin. Namun pilihlah bengkel yang memiliki keahlian khusus dalam menangani klep. "Bila salah pemasangan atau penyetelan, justru akan menimbulkan masalah baru," terang Syaiful.



6. Sistem pengapian



Pemeriksaan wajib dilakukan bila mobil telah berusia lebih dari lima tahun. Bukan hanya koil atau platina, tapi juga kabel busi dan busi. Pematik api sangat penting karena tanpa pantikan api yang sempurna mesin akanmbrebet dan cenderung mogok.



Bahkan proses pembakaran di ruang bakar mesin pun tidak berlangsung sempurna. Akibatnya, tenaga loyo dan boros bahan bakar.



7. Sistem pendinginan



Perangkat pendinginan mesin ini sangat vital dan memiliki peran penting dalam perjalanan mudik. Sebab, jarak yang ditempuh mencapai ratusan atau bahkan ribuan kilometer dan bahkan tak jarang diwarnai macet, mensyaratkan suhu mesin tetap stabil.



Namun satu hal yang patut diingat, sistem pendinginan bukan sekadar memeriksa sel radiator dan mengganti cairan coolant atau air radiator saja. Memeriksa kipas, tali kipas, serta selang karet karburator ke mesin wajib diperiksa.



"Bahkan ganti bila perlu. sebab, seiring dengan waktu biasanya selang itu aus, retak, dan menggelembung. Itu rawan bocor," kata Syaiful mewanti-wanti.



Selain itu jangan lupa periksa tutup radiator atau bahkan ganti bila perlu.



8. Tali kipas



Seiring dengan pemeriksaan sistem pendinginan itu, jangan lupakan kondisi kipas. Bahkan bila perlu ganti dengan yang baru. Pasalnya, perjalanan jauh selama berjam-jam dan kondisi jalanan macet mengharuskan kipas bekerja keras tanpa henti.



Kondisi seperti itu menyebabkan tali kipas rawan putus. Bila hal itu terjadi, bukan hanya menyebabkan mobil mogok, tapi juga memicu mesin overheatdan kebakaran.



9. Aki



Aki merupakan sumber tenaga setrum bagi mobil. Mulai saat pertama kali distarter hingga saat berjalan dan semua fitur mobil yang membutuhkan arus listrik tak lepas dari peran aki.



"Karena itu, memeriksa dan membenahi semua komponen yang terkait dengan aki wajib dilakukan," ucap Syaiful.



Beberapa komponen itu antara lain, sel-sel aki, cairan atau air aki, kabel, dan terminal aki. Sebisa mungkin mintalah mekanik bengkel mengecek kondisi aki dengan peralatan modern yang mereka miliki.



Begitu pun bila mobil Anda menggunakan aki kering alias aki maintenance free (MF). "Meski MF, sebaiknya dipastikan kondisinya. Karena suhu yang berubah-ubah dan perlakuan terhadap mobil yang tidak semestinya bisa memicu kerusakan aki," ucap Syaiful.



10. Rem



Bagian ini sangat vital bagi keselamatan berkendara. Karena itu sebelum berangkat pastikan kanvas rem, minyak, dan booster rem bekerja dengan baik. Bahkan bila perlu ganti dengan peranti yang baru demi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara.



11. Kanvas kopling



Seperti halnya rem, kopling juga memiliki peran penting. Pasalnya, peranti itulah yang menjadi pengungkit bagian pertama yang digunakan mobil untuk mengungkit tenaga dari mesin untuk disalurkan ke roda oleh sistem transmisi.



Pastikan kanvas kopling dalam kondisi prima. Hal itu penting karena jalanan panjang yang macet terkadang mengharuskan kita kerap menginjak pedal kopling. Bila peranti ini bermasalah, akan cukup merepotkan karena proses penggantiannya memerlukan waktu lama.



12. Lampu



Pastikan kondisi lampu, baik lampu utama, lampu kabut, lampu rem, lampu hazard, serta lampu rem dalam keadaan bagus. Pemeriksaan atau penggantian wajib dilakukan. Meski terlihat sepele, bila peranti ini bermasalah bisa menjadi sumber celaka.





No comments:

Post a Comment