Friday, August 26, 2011

Museum Transportasi Glasgow, Inggris oleh Zaha Hadid

Zaha Hadid, arsitek berdarah Irak yang kini berdomisili di London adalah spesialis bangunan dengan arsitektur bergaya gila. Setelah sebelumnya blog ini pernah mengangkat pusat olahraga air Inggris yang didesain olehnya, kali ini kita akan mengangkat Museum Transportasi Glasgow yang dibuka kepada publik 21 juni lalu.

Pertama yang sangat mencolok dari bentuk museum ini adalah bagian depannya yang menghadap ke laut. Bentuk keseluruhan museum ini sendiri pun juga unik. Tidak kotak, tidak lingkaran, namun seperti terowongan. Dari bagian depannya yang bentuknya “spiky”, museum ini lalu memanjang kebelakang dengan kontur yang sangat fluid. Apa maksud dari kontur museum ini yang begitu unik? Hadid terinspirasi oleh interaksi antara alam dan kecanggihan teknologi yang ia temukan di kota Glasgow. Interaksi ini sekaligus berfungsi sebagai “pintu” menuju subjek dari museum ini sendiri yaitu transportasi yang sudah melalui sejarah yang panjang; sejak dibuat dari kayu sampai mampu dikirim ke bulan.

Walaupun mungkin tidak sekompleks banyak bangunan Zaha Hadid lainnya, museum ini tetap saja terlihat sangat tidak ortodoks didepan kapal yang sedang bersandar yang terlihat sangat tradisional. Seakan museum ini membawa dua fungsi: menyajikan sejarah berbagai moda transportasi dan menjadi gerbang kepada transportasi Glasgow dimasa depan.





sumber

No comments:

Post a Comment