Saturday, August 20, 2011

14 Moment Terbodoh Dalam Berbisnis di Dunia



1. Yang menempati urutan teratas adalah China, yang gagal menjaga kualitas produk buatan negara itu. Akibatnya tentu kita tahu. Jutaan mainan, makanan dan obat Made in China harus ditarik dari pasaran karena menggandung bahan berbahaya. Misalnya saja permen mengandung formalin, atau mainan Dora the Explorer dan Barbie yang mengandung cat dari timah dan menyebabkan kanker.



2. Kemudian di list ini ada surat wasiat konyol dari jutawan Amerika, Leona Helmsley yang mewariskan hartanya yang berlimpah sebanyak 12 juta dolar pada …. anjingnya !!! Selama hidupnya wanita ini memang dikenal eksentrik. Aduh,, gimana ya rasanya jadi anjing yang dapat warisan sebesar itu ?



3. Peristiwa lucu lain adalah rapper Jay-Z, yang gagal bisnis fashion gara-gara jaket bulu sintesis yang dia tawarkan ternyata dibuat dari …. bulu anjing. Wah jelas saja para penggemar ajning Amerika langsung protes dan bisnis ini gagal.



4. Ada juga cerita Nepal Airlines yang mengatasi masalah pesawat mogok dengan … melakukan sesaji kambing kepada para dewa. Wah, tapi ternyata manjur juga sih, setelah dilakukan sesaji peswata itu bisa tebang dengan selamat.



5. Kemudian Disneyland yang melarang pengunjungnya yang kelebihan berat badan untuk naik atraksi dan mengganti tiket yang sudah dibeli dengan … voucher makan gratis ! Wah ini namanya menyelesaikan masalah dengan menambah masalah.



6. Lalu ada artis Jessica Simpson yang melakukan kebodohan dengan menyatakan bahwa dia alergi keju padahal .. dia sedang menjadi bintang iklan Pizza keju. Wah, dasar artis…



7. Artis lain yang juga gagal bsnis adalah band Radiohead. Mereka menjual album terbarunya di Internet, dimana para fans bisa membayar serela mereka setelah donlod. Akibatnya ? 62% fans tidak membayar alias cuma cari gratisan.



8. Perusahaan IT juga masuk ke list ini. Perusahaan data-center 365 Bukan main malu habis karena pada hari mereka membuat pers rilis bahwa mereka sanggup menyediakan layanan terpercaya 24 jam sehari 7 hari seminggu, listrik di kantornya mati dan data milik kliennya pun tidak bisa diakses. kasihan …



9. Google juga masuk. Mereka melakukan kebodohan, dengan gagal memblok iklan Adsense yang jelas-jelas virus seperti di bawah ini. (ini dibuat sebuah perusahaan Belgia untuk mengecek seberapa kuat security Google)



10. Yang kedua Google juga berbuat blunder dengan mengundang pelanggan eBay, ke pesta promosi layanan pembayaran online yang baru, Google Checkout. Akibatnya jelas, eBay marah dan menarik semua iklan Adsensenya di Google, sampai Google minta maaf pada eBay. (padahal eBay adalah pemasang iklan terbesar Google)



11. Apple juga melakukan tindakan yang tak kalah bodoh. Pengacara perusahaan ini mengancam untuk menuntut ke pengadilan seorang bocah pengguna IPod hanya karena dia mengirim surat ke Steve Jobs untuk meminta agar IPod bisa menampilkan lirik. Haduh,, bahaya.



13. Microsoft juga bertindak konyol. Ceritanya perusahaan ini membuta review terhadap media untuk bahan masukan para eksekutif Microsoft. Sialnya salah satu review yang menyebut seorang wartawan licik dan sensasional, bukannya dikirim ke eksekutif Microsoft malah salah kirim ke wartawan bersangkutan dan langsung saja dimuat. Ya jelas, Microsoft malu habis.



14. Yang ini juga lucu. Program Satu Anak Satu Laptop ternayata membawa dampak buruk. Laptop ini malah digunakan anak sekolah untuk .. download dan menyimpan gambar porno. Wah, wah, anak jaman sekarang memang kreatif.



Nah dari peristiwa konyol ini semoga kita bisa mengambil pelajaran, agar tidak melakukan kebodohan serupa, atau kebodohan yang lebih bodoh lagi.




No comments:

Post a Comment