Monday, November 28, 2011

Usul Kebun Koruptor, Mahfud MD Minta Kebun Koruptor Ada di 33 Provinsi


jpeg (259×194)
Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengusulkan  koruptor diperlakukan secara tidak manusiawi. Caranya dengan mempermalukannya di depan umum dan ditempatkan di kebun koruptor yang bersebelahan dengan kebun binatang.
Usulan itu dinilainya cukup ekstrem sebab ia pernah putus asa dan mempunyai ide gila. Ide itu dinilainya masuk akal sebab tidak melanggar HAM. Jika perlu, Mahfud mengusulkan pembangunan kebun koruptor didirikan di 33 provinsi.
“Kalau Bambang Widjojanto jadi (pimpinan KPK), saya mengusulkan adanya kebun koruptor, daripada koruptor bertemu di hotel,” kata Mahfud usai Silaturahim Anti Korupsi di gedung Djuang 45, Ahad (27/11). 
Hadir dalam acara itu Wakil Ketua KPK Chandra Hamzah, aktivis anti korupsi sekaligus calon pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan mantan hakim Pengadilan Tangerang Asep Iwan Iriawan.
Usulan dibentuknya kebun koruptor tersebut bakal disampaikan Mahfud bila Bambang Widjojanto terpilih menjadi ketua KPK menggantikan Busyro Muqoddas. 
Usulan itu dijamin bisa membuat para koruptor malu sebab ditonton banyak orang. Karena ia, mengibaratkan perilaku korupsi tidak ubahnya seseorang bertindak seperti hewan atau memiliki hati binatang.
Karena tujuan dibuatkannya kebun koruptor merupakan usaha membuat malu, sehingga menimbulkan shock therapy agar tidak ada lagi orang berbuat korupsi. “Karena hukuman koruptor itu sekarang diperlakukan secara istimewa,” kata Mahfud.

No comments:

Post a Comment