Tuesday, November 29, 2011

Inilah Robot Octopus yang Mengagumkan


Sungguh mengagumkan kreasi teknologi buatan manusia yang semakin hari semakin berkembang. Dunia ini bukan hanya hadir sebagai ladang ilmu maupun sebagai cakupan, namun dunia adalah gateway untuk menuju kehidupan yang lebih abadi nanti.Tinggal kita yang mengurus untuk tujuan baik agar menjadi bekal ilmu yang bermanfaat bagi anak cucu kita kelak.

Belum lama ini perusahaan robot raksasa bernama OC Robotika di Bristol, membuat uji coba besar untuk pertahanan dan industri penerbangan sipil yang telah dilakukan di daerah radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir.

Robot ular, demikianlah namanya. Adalah robot berbentuk lengan otomatis yang mampu bekerja pada daerah yang sulit dijangkau oleh tangan manusia. Robot ini dikendalikan melalui link bergerak olehkawat baja yang dapat memotong peralatan atau swab. Sementara di bagian lainnya terpasang perangkat seperti kamera dan lampu agar lebih memudahkan pekerjaan.

Managing Director OC Robotika, Rob Buckingham mengatakan kepada CNN: "Robot ini sama seperti lengan manusia, otot-otot besar yang mampu dorong-mendorong benar-benar dipasang di belakang otot tendon."

Ia menambahkan, "Pada dasarnya kami telah mengambil prinsip ekstrim dengan menggunakan tali kawat sebagai tendon, dan menggabungkan motor aktuator yang mengontrol pergerakan lengan pada sendi robot."

Robot tersebut telah digunakan untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan di fasilitas nuklir di Swedia dan inspeksi keselamatan di sebuah pabrik di Kanada. Kabarnya teknologi inovatif ini telah ditawarkan kepada pemilik pembangkit listrik di Fukushima yang pernah dilanda kebocoran nuklir untuk membantu mereka membuat perbaikan.


No comments:

Post a Comment