Friday, February 25, 2011

10 Tempat Indah Yang Mungkin Akan Lenyap Akibat Pemanasan Global

Perubahan iklim yang ekstrim dapat mengakibatkan hilangnya ciri dari sebuah daratan.
Entah itu naiknya permukaan laut, penggurunan, angin musim deras, gletser meleleh atau pengasaman laut, perubahan iklim dengan cepat mengubah Daratan planet kita.
Kita mungkin menjadi salah satu generasi terakhir untuk melihat beberapa tempat bumi paling yang dihargai.
Berikut daftar 10 tempat tersebut:

1.Taman Nasional Glacier:


Sedikit lebih dari 100 tahun yang lalu, ada sebanyak 150 gletser bertebaran di seluruh Glacier National Park. Pada tahun 2005, hanya tinggal 27, dan diperkirakan mereka juga akan menghilang pada tahun 2030, atau bahkan sebelum itu.
Banyak dari spesies tanaman dan hewan yang membutuhkan air dingin, yang berarti ekosistem taman dapat berubah secara dramatis ketika gletser hilang.

2.Venesia, Italia:


Venesia pernah mengalami banjir parah pada bulan November 2009, ketika tingkat air mencapai 131 cm.
Venesia telah lama tenggelam, tapi naiknya permukaan air laut telah membuat situasi lebih mengerikan.
Frekuensi banjir meningkat setiap tahun, meninggalkan banyak pertanyaan berapa lama lagi Venice bisa tinggal di atas air.


3.Great Barrier Reef:


Great barrier reef dapat dilihat dari angkasa, tapi muilai menghilang secara bertahap seiring perubahan iklim.
Meningkatnya suhu lautan, pencemaran air, pengasaman laut dan badai terus merusak terumbu dan telah menyebabkan pemutihan karang massal. Apa yang telah waktu buat dalam 8.000 tahun bagi alam bisa saja menghilang dalam kehidupan kita.


4.Sahara Afrika:


Oleh beberapa perkiraan, Sahara di Afrika semakin bertambah luas pada tingkat 0,5 kilometer per bulan.
Gurun ini sudah menjadi terbesar di dunia, dan masih bisa meluas lagi kesemua Afrika Utara, mengubah lingkungan benua afrika.


5.Maladewa:


Maladewa adalah negara terendah di dunia, dengan permukaan tanah maksimum alami 2,3 meter (7 kaki, 7 inci), dan rata-rata hanya 1,5 meter (4 kaki, 11 inci) di atas permukaan laut.
Jika permukaan air laut naik terlalu banyak, negara itu bisa mendapatkan sebuah gelar yang tidak diinginkan: Negara pertama yang ditelan oleh laut karena pemanasan global.


6.Patagonia:


Sebuah keindahan yang tak tersentuh, Patagonia, Amerika Selatan bisa secara dramatis diubah oleh perubahan iklim.
Banyak dinding gletser yang gugur karena meningkatnya suhu dan curah hujan menurun. Meskipun tanah ini tidak akan hilang sepenuhnya, namun pemandangan yang ada akan sangat berbeda jika pemanasan global terus berlanjut.


7.Bangladesh:


Terletak di Sungai Gangga-Brahmaputra dataran rendah Delta, Bangladesh berada pusat di badai yang sempurna pada kondisi klimaks. Sekitar 50 persen dari luasnya akan banjir jika permukaan laut akan naik 1 meter.
Bencana alam, seperti banjir, siklon tropis, tornado dan pasang surut terjadi di sini hampir setiap tahun - dengan hasil yang tragis.


8.Alaska tundra:


Pemanasan global memanaskan Arktik dua kali lebih cepat seluruh dunia, yang berarti Alaska tundra utara yang indah bisa menghilang sepenuhnya bila suhu terus meningkat.
Apabila Alaska tundra mencair, tidak hanya mengubah secara drastis ekosistem, tetapi juga melepaskan karbon tambahan - ironisnya mempercepat pemanasan global.


9.Australia Selatan:


Sama seperti Sahara di Afrika, penggurunan mengancam Australia Selatan. Di seluruh wilayah, pasokan air segar cepat mengering.
Sementara itu, Dataran kering meningkatkan terjadinya kebakaran hutan, mengancam pertanian, satwa liar dan ratusan rumah Australia.


10.Alpen:


Alpen Eropa berada di ketinggian lebih rendah dari Rocky Mountains, dan gletser serta resor skinya lebih rentan terhadap dampak dari pemanasan global . Gletser terkenal diperkirakan akan menghilang pada tahun 2050.

Sumber : http://samsirplagiatorblog.blogspot.com/2011/02/10-tempat-yang-mungkin-lenyap-akibat.html

No comments:

Post a Comment