Sunday, December 18, 2011

Video Dramatis: Bocah Diselamatkan dari Kolong Mobil


Sopir, seorang perempuan, yang panik keluar dari mobilnya, sebuah Honda CRV, untuk memeriksa apa yang telah ia tabrak dalam sebuah peristiwa kecelakaan di China, Jumat (9/12/2011). Ternyata ia menabrak seorang gadis usia 5 tahun. Beruntung, gadis itu selamat.




Kamera CCTV di China merekam sebuah momen dramatis saat kerumunan orang mengangkat sebuah mobil guna membebaskan seorang gadis kecil yang  terperangkap di bawahnya.

Rekaman video itu menunjukkan seorang gadis berusia 5 tahun yang ditabrak sebuah mobil Honda CRV di jalanan kota Wenzhou di Provinsi Zhejiang bagian timur. Bocah itu ditinggalkan di tengah jalan—karena mengamuk hebat dan ia menolak untuk berjalan—oleh ibunya yang kesal.

Namun, sesaat kemudian, sebuah mobil yang mundur lalu berbelok muncul dan melindas gadis itu. Sang ibu, pengemudi yang juga seorang perempuan, dan warga yang melihat kejadian itu bergegas membantu. Akhirnya, 16 orang ikut membantu untuk mengangkat mobil itu sehingga gadis kecil tersebut bisa dikeluarkan dari kolong mobil.

Zhou, seorang saksi mata kecelakaan itu, mengatakan kepada sebuah situs web lokal, "Gadis kecil itu jongkok di tanah, marah dengan ibunya, dan menolak untuk berjalan. Mobil itu mundur, berbelok, dan tidak memperhatikan gadis tersebut. Gadis itu lalu terjebak di bawah mobil. Ibunya menjerit."

Orang-orang yang melintas berhasil membebaskan gadis yang terjebak dengan mengangkat kendaraan itu. Dia lalu dilarikan ke rumah sakit, tetapi kemudian dibolehkan segera pulang karena tidak mengalami cedera serius.

Insiden itu terjadi pada Jumat (9/12/2011) pukul 07.25. Media lokal memuji kesigapan warga yang mau membantu. Salah satu situs web mengatakan, "Orang-orang yang membantu itu tidak mengenal satu sama lain, tetapi tindakan mereka menggugah dan mengagumkan orang-orang di tempat itu dan kota ini."

Situs lain menulis, "Dapatkah ide tentang undang-undang 'Orang Samaria yang Baik Hati' sudah punya efek pada kesediaan membantu orang lain di China? Setidaknya saat ini, tindakan kemurahan hati tidak muncul menjadi aksi publisitas palsu."

Pada Oktober lalu, para pengguna internet di seluruh dunia mengecam sikap apatis warga China terkait sebuah kecelakaan yang menimpa seorang bocah berusia 2 tahun. Bocah itu ditabrak lari dua kendaraan dan diabaikan oleh 17 pelintas yang berada di tempat kejadian. Bocah malang itu akhirnya meninggal setelah sempat dirawat di rumah sakit.

No comments:

Post a Comment