Wednesday, December 1, 2010

Messi Vs Ronaldo (Who Is The Best?)

Sudah sangat banyak yang membandingkan kemampuan Lionel Messi vs Christiano Ronaldo tanpa menghasilkan jawaban yang jelas dan meyakinkan, kecuali hanya debat panjang.

Messi vs Ronaldo

Messi dan Ronaldo, kemungkinan besar, adalah dua pemain terhebat dunia saat ini. Jadi jika suatu ketika terbukti bahwa salah satu lebih hebat, bukan berarti yang kalah adalah pemain yang buruk.

Perbandingan Gaya
Keduanya telah berada pada level yang sama, dimana mayoritas skill yang mereka miliki telah sempurna.

Christiano Ronaldo memiliki gaya yang sangat teknikal, dia punya semua teknik yang dibutuhkan untuk menjadi pemain sepakbola. Ditambah dengan kelincahan gerak kaki, teknik yang dimilikinya menjadi terlihat super.

Perbedaan antara Ronaldo dan Messi, Messi lebih natural ketika menyentuhkan kakinya pada bola yang ia mainkan. Sebuah gaya yang biasa terlahir di bumi Amerika Selatan, dan sangat disukai seluruh orang di dunia.

Gerakan Messi sangat natural, seperti gerak kapilaritas air yang menembus celah-celah kecil. Messi melewati lawan dengan dribel, bukan dengan kelincahan. Naturalitas gerakan inilah yang membuat Messi lebih bernilai.

Namun bagaimana pun, gaya adalah masalah selera.

Perbandingan Karakter: Protagonis vs Antagonis

Messi vs Ronaldo

Memperbandingkan karakteristik Messi dan Ronaldo sungguh klop, keduanya bak mengisi keseimbangan satu sama lain seperti konsep yin dan yang. Jika Messi adalah sosok protagonis, maka Ronaldo adalah sang antagonis.

Ronaldo seringkali membuat orang merasa harus kesal dengan mengesampingkan fakta tentang betapa hebat bakatnya. Ronaldo punya tampilan arogansi yang hampir sama dengan pelatihnya yang juga dari Portugal, Jose Murinho. Ejekan dan siulan negatif suporter musuh hampir selalu menjadi backsound dalam setiap penampilan. Untungnya, Ronaldo juga punya kekuatan mental yang lebih dari cukup untuk menghadapi segala tekanan sinis kepada dirinya.

Messi berbeda, bocah dengan wujud polos yang sama sekali berkebalikan dengan Ronaldo. Messi lebih pendiam dan tertutup. Ketika dia bermain brilian lalu menghancurkan barisan belakang lawan-lawannya, suporter musuh justru bisa ikut bertepuk tangan. Dari karakternya, Messi mendapat respek yang lebih besar daripada Ronaldo.

Perbandingan Statistik: Messi vs Ronaldo
Untuk memperbandingkan Messi vs Ronaldo, harus berangkat dari situasi yang sama. Asumsi terbaik adalah dengan melihat situasi terkini musim 2010/11, dimana keduanya berlaga di kompetisi yang sama dan ditemani skuad + pelatih yang nyaris setara levelnya.

berikut perbandingan statistik keduanya di musim 2010/11 ini, dari seluruh kompetisi (Liga Champions, Copa Del Rey, dan La Liga):


MessiRonaldo
Jumlah Pertandingan:1619
Jumlah Gol:2018
Jumlah Assist:66
Shot:79133
Shot on Goal:4150
Pelanggaran:1216
Dilanggar:1943
source: Soccernet

Dari perbandingan statistik di atas, keduanya jelas terlihat punya catatan signifikan. Tapi masih sulit untuk mengukur siapa yang punya pengaruh lebih besar, karena setiap tim punya 10 pemain lain yang berada di lapangan. Misalnya, apakah Messi juga tetap mencetak gol sebanyak itu jika tidak ada Xavi, dst...

Jika mau memaksakan diri untuk menganalisa secara individual:

Messi lebih efektif dan produktif
Ronaldo lebih banyak melakukan tembakan ke gawang, tapi Messi mencetak lebih banyak gol. Apa yang bisa disimpulkan? Finishing Messi lebih akurat, atau bisa saja dibilang Ronaldo lebih ambisius dalam mencoba sekecil apapun peluang.

Ronaldo lebih banyak dilanggar
Satu indikator yang sering terlupakan, Ronaldo lebih sering dilanggar daripada Messi. Sungguh aneh jika dihubungkan dengan fakta bahwa Messi lebih banyak mendribel bola melewati pemain lawan daripada Ronaldo. Logiskah jika seorang penyerang yang lebih banyak melewati lawan, justru dilanggar lebih sedikit? Artinya Messi memang lebih sulit dilanggar.

Sekedar catatan, pemain terbaik tidak bisa dikukur dari statistik saja. Zinedine Zidane tetap menjadi salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa walau tidak banyak mencetak gol.

Perbandingan Performa
Penilaian berdasarkan performa, seperti Castrol Ranking, bisa menjadi alternatif untuk membandingkan Messi vs Ronaldo. Castrol Ranking melihat kontribusi setiap pemain terhadap gol yang dicetak sebuah tim dan kontribusi negatifnya ketika tim kebobolan. Kalau dari hitung-hitungan ini, saat ini Messi lebih unggul.
....

Bagaimana jika menggunakan El Classico untuk menentukan siapa yang terbaik? Keduanya masih akan bertarung untuk menjadi yang terbaik. Salah satu dari mereka bisa memenangkan pertarungan sekarang, tapi perang masih belum selesai hingga sepatu digantungkan.


Sumber : http://www.sepaxbola.info/2010/11/messi-vs-ronaldo.html#axzz16fGZIxVu

No comments:

Post a Comment