Friday, December 3, 2010

Chairul Tanjung : Indonesia Bakal Kalahkan Jepang Tahun 2030

Pengusaha kakap Chairul Tanjung optimistis pada tahun 2030 perekonomian Indonesia bakal mengalahkan perekonomian Jepang. Hal ini dikarenakan saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat cepat.

"Jadi kenapa Indonesia bisa geser Jepang? Itu karena struktur demografi Indonesia lebih baik. Jepang itu kan mayoritas sudah orang tua. Jadi Aging population atauaging country makin lama semakin tua," ujar Chairul di sela acara Economic Outlook 2011 di Hotel JW Marriot.

Menurut Chairul, negara yang paling banyak populasi orang tuanya, akan membuat negara terbebani dengan pembayaran tunjangan. Ini membuat perekonomian lambat seperti terjadi di Jepang karena uang untuk membiayai perekonomian sedikit.

Namun diakui Chairul, perekonomian Indonesia tumbuh dengan sangat cepat. Bahkan IMF mengatakan pertumbuhan GDP Indonesia termasuk yang tercepat.

"Pertumbuhannya unggul dari China dan Rusia, dengan proyeksi demikin maka di 2030 bisa melampaui Jepang," ujar Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Saat ini, pertumbuhan ekonomi 5 besar di dunia adalah China, AS, Eopa. India dan Indonesia. "Kita itu diprediksi No. 13 kalau Eropa jadi satu, makanya 2015 itu bisa ke nomor 9 dunia," ujar Chairul optimistis.



Sumber : http://amrusujud.blogspot.com/2010/11/chairul-tanjung-ri-bakal-lampaui-jepang.html

No comments:

Post a Comment