Tuesday, December 7, 2010

6 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan


Ukurannya mungil dengan bentuk yang cantik. Warnannya merah menyala, membuat siapa saja akan tergoda untuk menyantapnya. Cita rasanya asam segar, cocok dijadikan bahan jus, selai, topping kue atau dimakan untuk cemilan.

Stroberi sangat kaya akan nutrisi, setiap 100 g stroberi mengandung seperti protein 0.8 g, lemak 0.5 g, karbohidrat 8 g dan energi 37 kkal. Sedangkan mineral potensial terkandung kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, zat besi 0,8, magnesium 10 mg, potassium 27 mg, selenium 0,7 mg, vitamin A 60 SI, vitamin C 0,03 mg dan asam folat 17,7 mcg asam folat.

Buah segar ini juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, vitamin B5. vitamin B6, magnesium, omega 3, mangan, folic acid, potasium, riboflavin. Selain itu juga mengandung fitonutrient dan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Zat antioksidan itu dipercaya yang menghasilkan warna merah pada stroberi.

Dilihat dari banyaknya kandungan, stroberi menyimpan banyak manfaat. Kandungan nutrisinya sangat baik untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, diantaranya :

Arthritis

Penyakit yang menyerang persendian ini bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi stroberi. Zat antioksidan yang terkandung dalam stroberi mampu menekan bahaya penyempitan otot. Secara bertahap racun yang ada di dalam otot akan keluar sehingga otot persendian lebih nyaman.

Kanker

Karena mengandung zat antioksidan tentu saja stroberi dapat membantu memerangi dan mencegah perkembangan sel kanker.

Kesehatan mata

Usia dan nutrisi mempengaruhi kondisi kesehatan mata. Namun dengan adanya zat antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas, tentunya penuaan dini bisa dicegah.

Kerusakan Fungsi Otak

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam tubuh, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Namun dengan adanya vitamin C dan fitonutrient tadi hal tersebut bisa dicegah.

Tekanan darah tinggi

Karena kandungan potasium dan zat besi, stroberi sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya lebih seimbang kembali.

Penyakit jantung

Karena tinggi serat, folat, vitamin C dan anti oksidan, stroberi cukup efektif mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, dan mencegah penyakit jantung.


Sumber : http://www.kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/6_Manfaat_Stroberi_Untuk_Kesehatan/36015

No comments:

Post a Comment