Wednesday, January 26, 2011

Alasan Mengapa Harga Tokek bisa Milyaran

Apa sih tokek itu?
Belakangan ini sering kita mendengar orang berbisnis tokek bahkan tak kalah sering nya kita mendengar bahwa kehidupan orang menjadi tiba-tiba makmur karena tokek. Sebenarnya apa sech tokek itu? Tokek adalah nama sebutan untuk menyebut cecak besar. Ada beberapa jenis tokek, namun istilah tokek biasanya merujuk kepada jenis tokek rumah. Tokek rumah adalah termasuk jenis reptil yang bergolongan cecak besar, suku Gekkonidae dengan nama ilmiah Gekko gecko (Linnaeus, 1758). Dalam bahasa lain hewan ini disebut sebagai teko atau tekok (B.Jawa), tokak (B.Sunda), dan tokay gecko atau tucktoo (B.Inggris).

Dalam penampilan nya, tokek adalah cecak yang berukuran besar, berkepala besar. Panjang total mencapai 340 mm, hampir setengahnya adalah ekornya.= dan mempunyai Dorsal (sisi punggung) yang kasar.


Berbeda dengan cecak biasa, tokek ini mempunyai banyak bintil besar-besar di punggun nya yang bisa berbeda-beda warnanya. Bermacam-macam warnanya dari warna abu-abu kebiruan sampai kecoklatan, dengan bintik-bintik berwarna merah bata sampai jingga. Ventral (perut, sisi bawah tubuh) abu-abu biru keputihan atau kekuningan. Ekor membulat, dengan enam baris bintil dan berbelang2 Tokek bisa lengket di permukaan licin karena jari-jarinya dilengkapi oleh bantalan pengisap/ scansor


Khasiat Tokek
Maraknya penangkapan terhadap satwa tokek belakangan ini dikarenakan harganya yang sangat menggiurkan karena tokek ini khabarnya mempunyai kasiat untuk menyembuhkan berbagai penyaki bahkan penyakit yang sampai sekarang masih belum ada obatnya yaitu virus HIV/AIDS. Banyak orang memburu tokek bahkan sampai ke rumah rumah dijual yang lagi dalam keadaan kosong. Walaupun masih belum terbukti khasiatnya, akan tetapi tokek ini memang sudah banya di incar orang. Ada yang bilang lidah tokek lah yang bisa mengobati HIV. Ada yang bilang darahnya, dan sebagainya. Tapi orang Indonesia mah tidak mau tau apa nya, yang penting tokek nya laku dan mendapatkan harga yang menggiurkan.

Berikut ini adalah khasiat-khasiat dari tokek yang beredar di masyarakat:
- Lidah tokek bisa menjadi obat AIDS dengan catatan tokek tersebut harus di atas 3 ons dan masih keadaan hidup
- Empedunya mengalami kristalisaisyYang di Percaya sebagai Obat AIDS
- Empedunya juga menghasilkan senyawa anti-tumor dan kanker dgn cara menaikkan kekebalan tubuh
- Daging tokek juga dipercaya banyak orang merupakan obat gatal
Akan tetapi tokek ini masih belum berhasiat kalau beratnya masih diabawh 3 ons, oleh sebab itu harga tokek dibawah 3 ons itu masih tergolong rendah. Tetapi sebenarnya khasiat tokek ini masih belum terbukti secar medis. Data dari WHO sejauh ini juga menyebutkan bahwa belum ditemukan obat untuk mengobati AIDS.


Harga Tokek
Harga tokek sangat bervariasi tegantung dari orang-orang yang melakukan negosiasi dan juga jaringan. Khabarnya sekarang ini banyak cukong dari Korea dan Malaysia yang lagi berburu tokek di Indonesia. Oleh sebab itu kalau pembeli tokeknya masih belum mempunyai koneksi/ jaringan ke cukong-cukong tersebut maka harganya biasanya tidak setinggi dengan pembeli yang sudah mempunyai jaringan ke mereka. Hal ini dikarenakan pembeli yang sudah mempunyai jaringan akan lebih gampang untuk mencari tokek yang dibelinya lagi dengan harga yang cukup menggiurkan sehingga dianya sendiri tidak segan-segan untuk membeli dengan harga tinggi dari orang lain.


Menurut sumber yang dikutip dari detik.com, Firdaus, warga Jakarta, sudah mempunyai bisnis tokek selama 1 tahun, akan tetapi dia masih belum merasakan nikmatnya menjual tokek yang harganya sampai ratusan juta. Ini dikarenakan tokek-tokeknya masih kecil dengan berat maksimalnya 2 ons. Menurut Firdaus, memelihara tokek itu sanga gampang dan tidak mahal. "Untuk memelihara tokek-tokek itu, Firdaus mengaku tidak pernah mengalami kesulitan. Pasalnya, memelihara tokek, menurutnya, tidaklah sulit. Selain itu, ongkos makan juga tidak mahal. "Ternak tokek sebenarnya gampang. Satu minggu kita cuma kasih dia makan jangkrik seharga Rp 5.000 sebanyak dua kali. Artinya satu tokek seminggu biaya makannya Rp 10.000," katanya.

Lalau sebenarnya berapakah harga tokek-tokek tersebut dipasaran? "Kalau tokek ukuran 1 ons di pasaran bawah (bukan harga dari eksportir) Rp 100.000, kalau tokek 1,5 ons Rp 200.000, tokek ukuran 2 ons Rp 500.000 sampai Rp 2 juta. Tokek 2,5 ons harganya antara Rp 5 juta dan Rp 30 juta," paparnya.


Menurutnya, harga tokek mulai beranjak tinggi jika memiliki berat di atas 3 ons. Harga tokek dengan berat 3 ons sendiri, menurutnya, memiliki harga dari Rp 30 juta hingga Rp 100 juta-an, sedangkan tokek dengan berat 3,5 sampai 4 ons biasa dihargai dengan Rp 100 juga hingga Rp 800 juta. (Apalagi kalo beratnya ampe 1 Kg bisa milyaran tuh ) "Harganya bervariasi karena tiap bos beda harganya," ujarnya. Wah..bayangin uang milyaran hanya gara-gara dapat tokek besar. Bisa kaya mendadak khan orangnya.


Demikian lah bisnis tokek yang sedang marak-markanya di Indonesia. Kalau ada yang bisa mendapatkan tokek besar (yang biasanya ada di daerah-daerah), maka penulis mengucapkan selamat karena orang tersebut bisa menjadi juragan besar dadakan.

Sumber : http://fathur-net.blogspot.com/2011/01/inilah-alasan-mengapa-harga-tokek-bisa.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment