Saturday, November 6, 2010

Tokoh-Tokoh Besar Yang Paling Berpengaruh Di Dunia

Situs bisnis terkemuka, Forbes, pada hari ini (4/11) merilis daftar 38 orang yang berhasil mempengaruhi dunia. Tercatat banyak nama yang telah sukses dibidangnya dan juga memiliki nama besar. Para politisi, pengusaha terkenal, negarawan sampai dengan orang terkaya di dunia pun masuk ke dalam orang-orang yang paling memberikan pengaruh bagi dunia saat ini. Beberapa nama tokoh tersebut akan kami bahas dibawah ini :

Gabungan Multi Tokoh

Untuk posisi pertama sebagai tokoh yang paling berpengaruh bagi dunia saat ini ditempati oleh Presiden China, Hu Jintao. Tokoh ini dikenal sebagai lanjutan pimpinan China ber "tangan besi". Pria berumur 67 tahun ini dikenal cukup keras dalam menjalankan sebuah pemerintah yang bersih dari korupsi. Bukan hanya itu, sejak kepemimpinan dirinya, China sukses menjadi negara yang disegani dalam perekonomian dunia. Dengan memiliki iklim bisnis yang baik, jumlah penduduk terbanyak sedunia sampai dengan besarnya cadangan devisa yang menembus level 2,65 triliun dollar menjadikan China menjadi tujuan investasi paling menggiurkan bagi para investor di dunia. Di posisi kedua masih ditempati oleh pemimpin negara "saingan" China yaitu AS dengan Presiden Barrack Obama. Presiden yang berasal dari Partai Demokrat ini dinilai memberikan beberapa pengaruh yang positif seperti beberapa kebijakan stimulus perekonomian, kebijakan "lunak" dari segi militer dan juga menciptakan sebuah sosok yang bersahabat bagi setiap kalangan di dunia.

Beralih ke wilayah Timur Tengah, nama Abdullah bin Abdul Aziz al Saud sang Raja Arab Saudi berada di urutan ketiga. Sang Raja Saudi ini dinilai berpengaruh dalam bidang suksesnya kepemimpinannya dalam merangkul golongan konservatif yang sampai dengan saat ini menjadi salah satu oposisi di pemerintahan dan juga sosial kemasyarakatan. Selain itu, sepanjang kepemimpinannya sektor pertambangan minyak Arab Saudi masih menjadi pemimpin di dunia dengan penghasilan menyentuh angka 22 triliun dollar per harinya dalam sektor pertambangan minyak mentah. Kembali ke pemimpin negara, nama Vladimir Putin juga patut dimajukan sebagai tokoh paling berpengaruh. Kebijakan-kebijakan yang dilontarkan oleh pemerintahan Putin dinilai sebagai alternatif kebijakan yang cenderung "melawan" Barat. Bahkan beberapa kali sempat timbul sedikit ketegangan dengan beberapa pemimpin negara-negara Barat maupun pemimpin AS. Disisi lain, perekonomian Rusia terus melaju sebagai negara Eropa yang memiliki prospek perekonomian yang baik kedepan.

Lanjut ke urutan kelima ditempati oleh Paus Benedict XVI yang merupakan tokoh sentral umat Katolik dunia. Berikutnya untuk posisi keenam ditempati oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel. Merkel bisa dibilang merupakan tokoh wanita "terkuat" dan paling berpengaruh di dunia saat ini. Beberapa pengaruh yang menonjol dalam dirinya ialah karakter sebagai pemimpin negara dengan perekonomian terbesar di daratan Eropa Barat dan juga patut diakui sukses dalam membawa Jerman selamat dari ancaman krisis ekonomi global yang melanda 2 tahun lalu. Kebijakan paket stimulus terhadap sektor ril dan pengetatan anggaran menjadi nilai lebih dari pemerintahan Merkel.

Di posisi 8 ditempati oleh Gubernur Fed Ben Bernanke. Sosok Bernanke dinilai cukup berpengaruh bagi perekonomian AS saat ini. Selain sebagai penentu kebijakan moneter AS, Bernanke juga dihadapkan pada posisi sulit dimana perekonomian AS masih berjalan lamban setelah diterjang krisis finansial 2 tahun lalu. Sebagai Gubernur Bank Sentral, Bernanke juga memiliki andil dalam mempengaruhi pasar dari setiap testimoninya yang dikeluarkan paska rapat rutin Fed tiap bulannya. Orang terkaya di dunia, Bill Gates berada di urutan 10. Pengaruh yang diberikan dari Bill Gates diperoleh dari aksi philantropistnya yang memberikan sebuah pandangan positif meski sosoknya seorang pemimpin perusahaan besar sekelas Microsoft. Bersama istrinya ia pun telah menjalani kegiatan-kegiatan amal seperti pembangunan pusat kesehatan dan pendidikan di berbagai negara terutama di benua Afrika. Menurut Forbes, jumlah kekayaan yang dimilikinya saat ini senilai 52 miliar dollar.

Duo Pendiri Google Urutan 22

P endiri situs search engine, Sergey Brin dan Larry Page sukses masuk ke dalam daftar deretan orang-orang paling berpengaruh di dunia. Selain itu, dengan umur 37 yang dimiliki olah mereka, berhasil menempatkan sebagai tokoh termuda didalam deretan tokoh lainnya. Google merupakan sumbangsih kedua orang tersebut yang berhasil menjadikan Google sebagai search engine paling terdepan saat ini. Berkat upayanya tersebut, keduanya tercatat masing-masing memiliki kekayaan sebesar 15,8 miliar dollar.

Sumber : http://vibiznews.com/news/business/2010/11/04/tokohtokoh-besar-dan-paling-berpengaruh-sedunia

No comments:

Post a Comment