Tuesday, November 30, 2010

Pria Juga Butuh Perawatan Rambut

Rambut cowok butuh perawatan

Rambut butuh perawatan

Untuk para wanita, rambut boleh jadi mahkota yang dibanggakan. Meski tidak sama, cowok jaman sekarang pun telah banyak merawat diri untuk lebih memperhatikan kesehatan dan tampilan rambutnya. Apalagi sudah banyak produk perawatan rambut yang ditujukan khusus bagi lelaki. Dengan begitu, lelaki semakin bebas berkreasi dengan rambutnya sekaligus memperhatikan kesehatan rambut.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih sampo yang tepat. Sampo mahal bukan jaminan untuk mendapatkan rambut yang sehat. Untuk itu, sesuaikan sampo dengan jenis rambut. Rambut kering sebaiknya menggunakan sampo dengan moisturizer atau pelembap. Sementara, untuk rambut berminyak atau tipis, penggunaan sampo dengan pelembap ini justru tidak disarankan.

Saat keramas pun perlu mendapat perhatian. Lakukan keramas dengan cara memijat-mijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari secara lembut. Mayoritas cowok biasanya hanya melakukan keramas secara cepat-cepat dengan menggunakan telapak tangan. Membersihkannya pun juga tidak maksimal, hanya dengan beberapa kali siram dan secara terburu-buru.

Teknik memijat kulit kepala ini dapat merangsang folikel pada rambut sekaligus membantu kesuburan pertumbuhan rambut. Setelah keramas, rawatlah rambut dengan rutin menggunakan tonik rambut. Kandungan zat dalam tonik rambut ini juga membantu penyuburan rambut.

Potong rambut sebulan sekali. Rambut cowok cenderung melebar ke samping, membuat tulang pipi dan dagu ‘terbenam’ di dalamnya. Jadi, kecuali kamu ingin terlihat seperti Shaggy dalam film Scooby Doo, lebih baik pastikan sahabat muda tongkol mencukur rambut setidaknya enam minggu sekali.

Para lelaki juga perlu memberi perhatian ekstra pada cara menyisir rambut, yakni pemilihan gerigi sisir. Jika sahabat muda memiliki rambut keriting, ada baiknya menggunakan sisir dengan gerigi besar. Untuk yang berambut lurus, gunakanlah sisir bergerigi kecil. Juga pastikan bahwa sisir yang digunakan adalah sisir dengan bahan plastik atau metal.

Buat kamu yang menggunakan produk rambut seperti gell, wax, ataupun cat rambut, pastikan untuk memilih produk yang aman. Perhatikan apakah produk tersebut telah memiliki izin dari Badan POM. Di samping perawatan dari luar, perhatikan pula perawatan dari dalam tubuh. Asupan makanan yang sehat dan seimbang turut memengaruhi kesehatan rambut.

Apa sahabat muda tau? terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berminyak atau junk food dapat membuat kulit kepala terlalu berminyak, bahkan dapat membuat rambut rontok. Sebaiknya menyeimbangkan makanan dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.


Sumber : http://tongkolmuda.com/berita-tongkol/cowok-juga-butuh-perawatan-rambut/

No comments:

Post a Comment