Monday, November 1, 2010

Penampakan Detail Matahari

Dengan teleskop pribadi, Alan Friedman berhasil merekam 'sosok' matahari. Dengan gelombang cahaya H-Alpha, Sang Surya tampak seperti lautan putaran api.

Gambar ini disebut sebagai Cahaya Hidrogen. Meskipun mirip putaran api, cahaya ini sebenarnya berasal dari kromosfer, yakni lapisan tipis yang berada diantara fotosfer dan korona, lembaran terluar matahari.

Permukaan matahari memancarkan cahaya di semua panjang gelombang, namun permukaannya sendiri tidaklah kokoh. Ini adalah gas dengan kemiringan tertentu. Biasanya, gas tipis di luar angkasa ini memancarkan cahaya dengan warna spesifik, seperti elektron yang melompat dari tingkat energi satu ke atom lain.

Sedangkan wilayah di lapisan kromosfer, hidrogen tidak memancarkan warna tertentu. Salah satunya adalah H-Alpha yang tampak pada gambar. Pada kenyataannya, cahaya ini sangat panas.

Bintik-bintik hitam yang terlihat dalam foto Friedman adalah bintik matahari dan emisi yang terlihat sekeliling tepi matahari adalah tonjolan di permukaan surya.


Sumber : http://pawartho.blogspot.com/2010/10/inilah-penampakan-detil-sosok-matahari.html

No comments:

Post a Comment