Saturday, September 4, 2010

Ternyata Hewan Peliharaan Dapat Mendeteksi Kehamilan

http://images.detik.com/content/2010/09/04/764/hamil-binatang-dalam-thinkstock.jpg

Jakarta, Binatang peliharaan terkadang suka menunjukkan perilaku berbeda jika orang yang memeliharanya sedang hamil. Bagaimana binatang peliharaan mendeteksi kehamilan?

Hingga kini memang belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa binatang peliharaan seperti anjing atau kucing bisa mendeteksi kehamilan pemiliknya. Tapi beberaa contoh kasus yang terjadi telah menunjukkan hal tersebut.

"Selama sepuluh tahun saya bekerja sebagai pelatih binatang, saya telah banyak melihat contoh adanya perubahan sikap dan perilaku dari binatang ketika pemiliknya sedang hamil," ujar Nikole Gipps, seorang pelatih binatang, seperti dikutip dari Babycenter, Sabtu (4/9/2010).

Nikole menuturkan hewan peliharaan ini mungkin tidak mengerti bahwa dalam waktu sembilan bulan akan ada satu anggota keluarga baru yang akan bergabung. Tapi anjing dan kucing bisa mendeteksi perubahan suasana hati, sikap, perilaku dan
zat kimia di dalam tubuh yang terjadi selama seseorang sedang hamil.

Hewan peliharaan ini juga akan menunjukkan perubahan perilaku, misalnya anjing akan menjadi lebih waspada dan overprotective seperti menggeram, mengikuti kemana pun pemiliknya pergi untuk melindunginya dari bahaya atau orang lain, menemani sang pemilik ketika ia harus istirahat total atau dengan sabar menemani sang pemilik berjalan-jalan meskipun kecepatannya menjadi lebih lambat dari normalnya. Kondisi ini terjadi terutama di masa-masa awal kehamilan.

Namun hal berbeda akan terjadi pada binatang kucing, karena pada umumnya kucing akan menunjukkan sikap cemburu dan bertingkah aneh. Hal ini disebabkan kucing merasa diabaikan oleh sang pemilik sehingga menjadi bertingkah lebih agresif
seperti buang air kecil sembarangan.

Untuk mencegah terjadinya perubahan perilaku yang mengganggu dari hewan peliharaannya, maka cobalah untuk tetap memberikan perhatian dan meminta bantuan pada anggota keluarga lain dalam memeliharannya atau sekedar mengajaknya
berjalan-jalan.

Namun jika anjing atau kucing tetap menunjukkan kelakuan yang nakal selama kehamilan, maka cobalah untuk meminta bantuan ahlinya untuk membantu hewan peliharaan menyesuaikan diri.

Memiliki hewan peliharaan memag bisa memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, tekanan darah rendah serta membantu seseorang bisa hidup lebih lama.






sumber :http://health.detik.com/read/2010/09/04/110039/1434901/764/hewan-peliharaan-bisa-mendeteksi-kehamilan?l991101755

No comments:

Post a Comment

Post a Comment