Tuesday, December 21, 2010

5 Cara Menulis Cepat Dan Efektif

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer hanya untuk membuat sebuah artikel atau satu postingan blog? Jika ya, Anda berarti harus belajar bagaimana menulis artikel yang cepat dan efektif.

Anda harus benar-benar menggunakan waktu yang ada dengan benar dan mencoba menulis lebih banyak artikel dalam waktu singkat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika menulis sebuah artikel atau postingan blog:

1.Tutup aplikasi lain
Apakah Anda pernah menginstal software? Kadang kala, kita diperintahkan untuk menutup aplikasi lain saat menginstal sebuah software karena akan menghambat proses instalasi. Sama halnya ketika Anda menulis sebuah artikel atau postingan. Pertama, tutuplah aplikasi chatting Anda. Chatting akan memakan sebagian besar waktu Anda. Selanjutnya, tutup aplikasi e-mail Anda. Jangan buka aplikasi apapun, selain aplikasi untuk menulis. Silakan saja membuka browser kalau ingin mencari beberapa referensi, namun segera tutup jika sudah tidak diperlukan lagi.

2.Lakukan riset sebelum menulis
Lakukan riset (penelitian) sebelum mulai menulis artikel. Ini akan membantu Anda untuk menulis artikel secara efektif. Melakukan riset sebelum menulis juga akan menghasilkan konten yang berkualitas. Dengan melakukan riset, Anda dapat membuat artikel yang lebih panjang dan mendalam.

3.Atur jadwal
Akan lebih baik jika Anda menyiapkan sebuah jadwal agar menghemat waktu. Alokasikan waktu yang tepat untuk setiap kegiatan yang dilakukan, misalnya 15 menit untuk mengumpulkan referensi, 5 menit untuk memilih gambar, 30 menit untuk menulis artikel dan sisanya untuk menentukan judul yang menarik. Dalam waktu kurang lebih satu jam, Anda seharusnya sudah dapat menghasilkan artikel yang berkualitas dan menarik.

4.Cek ulang tulisan
Banyak orang yang langsung menerbitkan tulisannya tanpa terlebih dulu mengecek ulang karena keterbatasan waktu. Padahal mengecek ulang tulisan sangat penting dilakukan untuk meminimalisir kesalahan seperti ejaan, bahasa. Setelah selesai menulis, usahakan baca ulang artikel tersebut minimal sekali. Jika tidak punya waktu untuk melakukannya, minta bantuan seseorang atau kalau perlu bayar seseorang untuk melakukan tugas tersebut jika artikel yang harus dicek jumlahnya banyak.

5.Lakukan editing
Lakukan editing setelah selesai menulis artikel. Tempatkan gambar di tempat yang sesuai, jangan lupa mencantumkan sumber gambar jika diperlukan. Selanjutnya preview artikel sebelum di-publish. Jika hasilnya sesuai dengan apa yang Anda inginkan, silakan mempublikasikan artikel tersebut. Jika tidak, lakukan editing ulang.

Menulis artikel berkualitas dalam waktu singkat bukanlah tugas yang mudah, tetapi jika Anda melakukan persiapan dan melakukan proses secara terstruktur, menulis akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment