Monday, November 15, 2010

Beginilah Kondisi Sebenarnya Ruang Pemeriksaan KPK

Beginilah Kondisi Sebenarnya Ruang Pemeriksaan KPKBeberapa sudut pintu masuk dan keluar di Gedung KPK

Sejauh ini petugas KPK punya power dan bergerak cepat keluar masuk ruangan kerja instansi mana pun para tersangka untuk menggeledahnya. Tapi kondisi ruang pemeriksaan di gedung KPK sendiri seperti apa?


Kantor KPK di jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan menempati bekas bank Papan Sejahtera terdiri dari 9 lantai. Ruang pemeriksaan berada di lantai 7 dan 8, terdiri dari 18 ruang.

"Di lantai 8 ini ada ruang pemeriksaan 9-18," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Penyidikan KPK, Feri Wibisono, saat mendampingi kunjungan media di kantor KPK, Jakarta, Jumat (12/11/2010).

Jika seorang saksi atau tersangka akan menjalani pemeriksaan, dia akan melihat nomor ruang pemeriksaan yang tertempal di pintu masuk ruangan. Luas satu ruang pemeriksaan sekitar 2 x 2 meter persegi saja. Tidak tahu apakah ini diniatkan untuk menciptakan suasana pressure terhadap terperiksa atau memang areanya sempit.

Namun, ada sebagian ruang pemeriksaan yang luasnya sekitar 2 x 3 meter persegi yang hanya terpisah oleh kaca pembatas. Ruang yang lebih luas ini biasa digunakan saat pengacara mendampingi kliennya.

Jika ada keberatan atas pertanyaan penyidik, pengacara bisa memberitahukan lewat mic yang terletak di atas meja. Karena saat pemeriksaan, si pengacara berada di balik kaca pembatas itu, tidak bertatap muka langsung.

Di ruang pemeriksaan, tampak satu meja cokelat, lemari besi, dan dua kursi untuk penyidik dan terperiksa. Kebetulan, saat kunjungan ini ada sejumlah saksi yang tengah diperiksa seorang penyidik. Demi keamanan, wajah saksi tersebut ditutupi papan.

Melongok ke sudut atas ruang pemeriksaan, minimal ada dua kamera yang terhubung langsung ke ruang pusat monitor pemeriksaan di lantai yang sama. Bahkan, kamera tersebut terhubung langsung dengan layar monitor ruang kerja pimpinan KPK. Semua aktivitas pemeriksaan akan terpantau oleh pimpinan KPK.

"Pimpinan, deputi, direktur, bisa melihat langsung. Kalau mau tanya lebih, tinggal minta," jelas Feri.

Saat ditanya bagaimana strategi penyidik agar saksi atau tersangka berkata jujur, apakah dengan cara kekerasan, Feri menjawab, "Itu sih cara lama. Di sini tidak."

Sebagaimana diberitakan, kapasitas kantor KPK yang berlantai 9 ini sudah tak mampu menampung berkas-berkas maupun SDM yang ada alias overload.

Bahkan, saat kunjungan media ini area kerja penyidik dan jaksa KPK terpaksa harus berbagi tempat dengan belasan koper jumbo berisi berkas-berkas. Belum lagi mesin-mesin dan perkakas kerja kantor yang diselipkan di ruang kosong tersisa. "Di sini ruang penyidik, di sana jaksa penuntut," ujarnya menunjukkan ruangan yang sesak dengan dokumen.


Sumber : http://www.tribunnews.com/2010/11/14/beginilah-kondisi-sebenarnya-ruang-pemeriksaan-kpk

No comments:

Post a Comment