Friday, September 17, 2010

RoboThespian, Robot Pemandu yang Punya Rasa Humor



RoboThespian, sebuah robot humanoid asal perusahaan kecil di Cornwall, Inggris ini akhirnya dibeli oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA). Robot yang bisa berbicara dengan 15 bahasa ini rupanya juga memiliki rasa humor.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Kamis (16/9/2010), RoboThespian sengaja dibeli untuk menjadi robot pemandu di Kennedy Space Centre di Cape Canaveral, AS. Tak tanggung-tanggung, NASA pun harus merogeh kocek cukup dalam hingga USD 91.560 atau sekitar Rp 821 juta.

RoboThespian yang sebagian tubuhnya terdiri dari udara yang dipadatkan dan aluminimum ini dibuat oleh Cornish Firm Engineered Arts yang hanya memiliki tujuh orang karyawan.

Robot ini pertama kali diciptakan pada tahun 2006 untuk ambil bagian dari proyek Mechanical Theatre di Eden, Inggris. Setahun berikutnya, RoboThespian membuat debut resmi di Association of Science-Technology Center Conference di Los Angeles, AS dengan menampilkan rangkaian video dan berinteraksi dengan penonton.

"Kami sangat bangga," ujar salah satu pembuat RoboThespian, Will Jackson. "Kami berhasil mengalahkan beberapa robot buatan perusahaan terbaik AS dan Jepang," tutupnya.

Robot ini datang dalam tiga variasi yaitu Lite, Standar dan Deluxe dan nantinya juga dapat disewa untuk acara-acara tertentu.


Sumber : http://cyberman.cbn.net.id/cbprtl/cyberman/detail.aspx?x=Eccentric&y=cyberman|0|0|5|799

No comments:

Post a Comment